Laporan Umum
02.37
By
Unknown
0
komentar
Pengertian Laporan Umum
Laporan umum sangat bermanfaat bagi
perusahaan. Misalnya untuk membuat laporan anggaran suatu perusahaan. Laporan
umum sendiri mempunyai peranan yang penting pada suatu organisasi karena dalam
suatu organisasi dimana hubungan antara atasan dan bawahan merupakan bagian
dari keberhasilan organisasi tersebut. Dengan adanya hubungan antara
perseorangan dalam suatu organisasi baik yang berupa hubungan antara atasan dan
bawahan, ataupun antara sesama karyawan yang terjalin baik maka akan bisa
mewujudkan suatu sistem delegation of authority dan pertanggungjawaban akan
terlaksana secara effektif dan efisien.
Laporan adalah :
Suatu bentuk penyampaian berita,
keterangan, pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara lisan maupun
secara tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan wewenang (authority)
dan tanggung jawab (responsibility) yang ada antara mereka.
Salah satu cara pelaksanaan
komunikasi dari pihak yang satu kepada pihak yang lainnya.
Laporan merupakan salah satu alat
untuk menyampaikan informasi baik formal maupun nonformal.
Penyampaian informasi dari petugas/
pejabat tertentu kepada petugas / pejabat tertentu dalam suatu system
administrasi.
Laporan mempunyai peranan yang
penting pada suatu organisasi karena dalam suatu organisasi dimana hubungan
antara atasan dan bawahan merupakan bagian dari keberhasilan organisasi
tersebut. Dengan adanya hubungan antara perseorangan dalam suatu organisasi
baik yang berupa hubungan antara atasan dan bawahan, ataupun antara sesama
karyawan yang terjalin baik maka akan bisa mewujudkan suatu sistem delegation
of authority dan pertanggungjawaban akan terlaksana secara effektif dan
efisien. Kerja sama diantara atasan bawahan bisa dilakukan, dibina melalui
komunikasi baik komunikasi yang berbentuk lisan maupun tulisan (laporan). Agar
laporan tersebut bisa efektif mempunyai syarat-syarat yang perlu dipenuhi demi
terbentuknya laporan yang baik maka seseorang perlu mengetahui secara baik
bagaimana pembuatan format laporan yang sempurna. Sehingga dengan laporan yang
terformat bagus akan bisa bermanfaat baik dalam komunikasi maupun dalam
mencapai tujuan organisasi
Laporan berfungsi sebagai :
1. Alat pertanggungjawaban secara tertulis
2. Alat pendokumentasian data
3. Alat studi banding
4. Alat pengambilan keputusan
5. Melatih berpikir sistematis
Hal-hal yang perlu diperhatikan
dalam membuat laporan:
- Harus jelas dan cermat
- Mengandung kebenaran dan objektifitas
- Lengkap
- Tegas dan konsisten
- Langsung mengenai sasaran
- Disampaikan kepada orang dan alamat tujuan yang tepat
- Disertai dengan saran-saran
- Tepat waktu
Perbedaan
Laporan Formal dan informal
Laporan dapat dibedakan menjadi laporan formal
(ilmiah) dan laporan informal (umum).
1.Laporan Formal
Laporan formal terdiri atas :
a.Bagian Pendahuluan
- Halaman judul : judul, maksud dan tujuan penulisan identitas penulis, instansi asal, kota penyusun, tahun
- Halaman pengesahan (jika perlu)
- Halaman motto/semboyan (jika perlu)
- Halaman persembahan (jika perlu)
- Kata pengantar
- Daftar isi
- Daftar tabel (jika ada)
- Daftar grafik (jika ada)
- Daftar gambar (jika ada)
- Abstrak : uraian singkat tentang isi laporan
b.Bagian Isi
Uraian singkat tentang bagian ini :
- Bab I : Pendahuluan
- Latar belakang
- Identifikasi masalah
- Pembatasan masalah
- Rumusan masalah
- Tujuan dan manfaat
- Bab II : Kajian Pustaka
- Bab III : Metode
- Bab IV : Pembahasan
- Bab V : Penutup
c.Bagian Akhir
- Daftar pustaka
- Daftar lampiran
- Indeks : daftar istilah
2.Laporan Informal
a.Laporan kunjungan, berisi :
- Judul laporan
- Tujuan
- Waktu pelaksanaan
- Hasil yang diperoleh
b.Laporan percobaan, berisi :
- Judul percobaan
- Pelaksanaan : waktu dan tempat
- Urusan kerja
- Data yang diperoleh
- Kesimpulan
c.Laporan diskusi, berisi :
- Topic
- Moderator
- Penyaji
- Jumlah peserta
- Masalah yang muncul
- Pemecahan masalah
- Kesimpulan
0 komentar: