Proposal Website untuk Toko
06.19
By
Unknown
0
komentar
1.1 Pendahuluan
Sekarang ini perkembangan teknologi informasi khususnya teknologi
internet telah mengalami perkembangan yang begitu pesat, tidak menutup
kemungkinan banyak potensi dan peluang yang dapat dimanfaatkan.
Pemanfaatan teknologi informasi tidak sekedar sebagai fasilitas suatu
perusahaan besar untuk menjalin hubungan dengan relasinya saja untuk
saat ini, tetapi juga dapat memberikan kesan baik dan profesionalisme
sebuah kinerja perusahaan. Adanya website dan begitu banyaknya komunitas
bloger mulai membuat banyak peluang untuk melakukan bisnis di dunia
maya. Pengguna internet di Indonesia pun semakin hari semakin
berkembang.
Banyaknya instansi-instansi pemerintah, instansi swasta, organisasi dan
individu dalam arti para bloger membuat peluang bisnis di dunia maya
begitu menjanjikan. Hal tersebut dikarenakan masih sedikit dan jarangnya
kemampuan para pengguna internet untuk memanfaatkan bisnis dalam dunia
maya, sehingga dipastikan membutuhkan orang-orang yang berpengalaman
dalam memberikan jasa pelayanan di bidang pembuatan web beserta
desainnya.
Pengguna teknologi informasi khususnya di bidang internet semakin
meningkat setiap waktu. Banyaknya kaum bloger yang ingin menuliskan
idealisme-idealismenya dan menunjukkan kepada khalayak umum tentang
pemikiran, interesting, hingga membuat komunitas-komunitas untuk
menyatukan visi dan misi membuat kebutuhan akan web sebagai media
penghubung sangat penting. Hal ini kami lihat sebagai sebuah peluang
bisnis yang sangat menguntungkan dan cerah untuk kedepannya. Setiap
orang yang membutuhkan web yang akan mencari jasa layanan web hosting
dan domain untuk memenuhi keinginan mereka.
1.2 Indentifikasi Masalah Kemajuan teknologi informasi saat ini sangatlah penting, tidak terkecuali perkembangan jaringan internet. Saat ini internet merupakan suatu kebutuhan yang sangat diminati oleh kalangan masyarakat untuk kebutuhanya saling bertukar informasi.
1.3 Batasan Masalah Agar proposal ini tidak menyimpang dan mengambang dari tujuan yang semula direncanakan sehingga mempermudah mendapatkan data dan informasi yang diperlukan, maka penulis menetapkan batasan-batasan sebagai berikut: Perancangan Website Pada Toko dibatasi sampai penjualan secara online. Bahasa pemrogrman yang digunakan adalah Bahasa pemrograman HTML dan CSS.
1.4 Rumusan Masalah
1. Pengenalan HTML dan CSS
2. Pentingnya online untuk penjualan pada era globalisasi
3. Langkah apa yang dilakukan agar aplikasi web dapat diakses oleh user dengan cepat dan mudah.
4. Ide - ide apa yang akan diterapkan sehingga membuat tampilan web banyak diminati user.
5. Bagaimana informasi pada aplikasi web dapat di update dengan mudah pada waktu yang diinginkan
1.5 Tujuan Penelitian Adapun tujuan yang dapat diperoleh dari sebuah perancangan dan pengembangan sebuah website untuk toko adalah sebagai berikut :
• Publikasi keberadaan toko ke seluruh dunia.
• Publikasi profile dan layanan dari toko.
• Meningkatkan pelayanan dan nilai jual toko yang lebih professional, dan brand awareness.
1.6 Manfaat Penelitian Ada banyak manfaat dan keuntungan yang diperoleh dalam membangun website untuk toko, antara lain : • Mempromosikan keberadaan nama toko kepada masyarakat dunia umumnya, serta masyarakat Indonesia khususnya. Kurang lebih 50 juta orang di Indonesia mengakses internet. • Dapat menyediakan informasi yang lengkap tentang profil toko, visi dan misi, fasilitas-fasilitas yang disediakan,informasi mengenai layanan ( service ) yang diberikan, sampai dengan mambangun sebuah komunitas di dunia maya. • Mempermudah untuk dapat mengumpulkan tanggapan kritik dan saran dari masyarakat luas terhadap mutu toko. • Membangun citra toko di mata masyarakat luas, dimana hal tersebut direpresentasikan pada tampilan website. • Mempermudah customer untuk mendapatkan segala informasi mengenai data-data toko atau pun pelayanan yang diberikan.
2.1 Pengertian Internet
Pengertian internet ( interconnection networking) sendiri adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lain sebagainya. Awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui sebuah proyek yang disebut dengan ARPANET. Misi awal dari proyek ini awalnya hanya untuk keperluan militer saja, tetapi lambat laun terus berkembang dan bisa dinikmati oleh semua kalangan. Terciptanya internet telah membawa perubahan yang sangat berarti dalam berbagai aspek kehidupan manusia.Selain itu, internet juga telah melahirkan dunia baru yang memiliki pola, corak sekaligus karakteristik yang berbeda dengan dunia nyata.
2.2 HTML
HTML adalah bahasa markup internet (web) berupa kode dan simbol yang dimasukkan kedalam sebuah file yang ditujukan untuk ditampilkan didalam sebuah website. Singkatnya, HTML adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat website. Website yang dibuat dengan HTML ini, dapat dilihat oleh semua orang yang terkoneksi dengan internet. Tentunya dengan menggunakan aplikasi penjelajah internet (browser) seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox dan Google Chrome. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language. Tapi mengetahui singkatannya saja tidak akan cukup. Karena itu saya akan menyajikan arti dari kata kata tersebut.
• HyperText adalah metode dimana kita "berpindah" disekeliling web, dengan mengeklik sebuah teks yang bernama hyperlink. Hyperlink adalah sebuah teks khusus di internet, dimana saat teks tersebut diklik, akan membawa kita ke halaman web selanjutnya/halaman web lain yang telah ditentukan.
• Markup adalah hal yang dilakukan oleh tag HTML kepada teks yang ada didalamnya. HTML menandai teks yang berada didalamnya sebagai tipe teks tertentu. Misalnya saja jika kita menandai sebuah teks dengan tag html , maka teks tersebut akan berubah menjadi italic (huruf yang miring). Sedangkan jika kita menandainya dengan , maka teks tersebut akan berubah menajadi bold (huruf tebal).
• Language yang berarti bahasa. HTML adalah sebuah bahasa, yang memiliki kata kata berupa kode dan syntax seperti bahasa yang lain.
2.3 CSS CSS (Cascading Style Sheet) adalah salah satu bahasa desain web (style sheet language) yang mengontrol format tampilan sebuah halaman web yang ditulis dengan menggunakan penanda(markup laguage. Biasanya CSS digunakan untuk mendesain sebuah halaman HTML dan XHTML, tetapi sekarang CSS bisa diaplikasikan untuk segala dokumenXML, termasuk SVG dan XUL bahkan ANDROID. CSS dibuat untuk memisahkan konten utamadengan tampilan dokumen yang meliputi layout, warna da font. Pemisahan ini dapat meningkatkann daya akses konten pada web, menyediakan lebih banyak fleksibilitas dan kontrol dalam spesifikasi darisebuah karakteristik dari sebuah tampilan, memungkinkan untuk membagi halaman untuk sebuah formatting dan mengurangi kerumitan dalam penulisan kode dan struktur dari konten, contohnya teknik tableless pada desain web. CSS juga memungkinkan sebuah halaman untuk ditampilkan dalam berbagai style dengan menggunakan metode pembawaan yang berbeda pula, seperti on-screen, in-print, by voice, dan lain-lain. Sementaraitu, pemilik konten web bisa menentukan link yang menghubungkan konten dengan file CSS. Tujuan utama CSS diciptakan untuk membedakan konten dari dokumen dan dari tampilan dokumen, dengan itu, pembuatan ataupun pemrograman ulang web akan lebih mudah dilakukan. Hal yang termasuk dalam desain web diantaranya adalah warna, ukura dan formatting. Dengan adanya CSS, konten dan desain web akan mudah dibedakan, jadi memungkinkan untuk melakukan pengulangan pada tampilan-tampilan tertentu dalam suatu web, sehingga akan memudahkan dalam membuat halaman web yang banyak, yang pada akhirnya dapat memangkas waktu pembuatan web.
2.4 Jenis-Jenis Website
2.4.1 Website Pribadi/Personal Penggunaan dan tujuan suatu website tergantung pada si pemilik website. Untuk website personal atau pribadi, biasanya digunakan untuk berbagi (sharing). Apakah itu berbagi ilmu dan pengetahuan, pengalaman, maupun tips dan trik yang dimiliki. Jenis website pribadi/personal ini biasanya adalah sebuah blog dimana sebagian besar isinya adalah kumpulan artikel miliknya sendiri atau yang ditulis orang lain. Biasanya si pemilik website mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditampilkan di websitenya dan/atau dari donasi/sumbangan dari pengunjung websitenya. Si pemilik website selain menampilkan iklan di websitenya, dia juga mungkin menjual produk/jasanya sendiri dan/atau produk/jasa pihak lain sebagai reseller atau afiliasi.
2.4.2 Website Perusahaan (Company Profile) Untuk website perusahaan, ada beberapa jenis website yang digunakan tergantung pada tujuannya. Ada perusahan yang menggunakan website hanya sebagai company profile saja. Yaitu hanya untuk menyampaikan informasi-informasi tentang perusahaan itu sendiri. Bisa jadi hanya terdiri 4-5 halaman statis yang dipisah menjadi 4-5 menu yaitu “Home,” Produk,” “Profile,” dan “Contact us,” bisa juga ditambah dengan menu “Service”. Website jenis company profile ini tergantung pada seberapa banyak informasi yang ingin ditampilkan pada websitenya. Dan tergantung kepada perusahaan itu sendiri apakah perusahaan besar, perusahaan menengah, atau perusahaan kecil. Juga tergantung kepada jumlah produk/jasa yang dimiliki dan juga seberapa banyak informasi yang ingin ditampilkan untuk masing-masing produk/jasa yang dimiliki.
2.4.3 Website Organisasi Jenis website organisasi ini memang mirip dengan website company profile. Tetapi, tentu saja tergantung dari organisasi itu sendiri dan tujuan didirikan websitenya. Dan tergantung pada seberapa banyak informasi yang ingin disampaikan. Apakah website tersebut hanya sebagai penyampaian informasi dan penjelasan tentang organisasi tersebut, dan/atau sebagai penggalangan dana, massa, dan petisi.
2.4.4 Website E-Commerce atau Toko Online Website e-commerce atau toko online adalah suatu website yang bertujuan untuk menjual satu atau lebih barang dan/atau jasa dengan menggunakan media elektronik sebagai media penyampaian informasi dan/atau media transaksi barang/jasa tersebut. Transaksi pada website e-commerce atau toko online dapat dilakukan dengan cara langsung pada website tersebut dengan menggunakan kartu kredit atau layanan perbankan online. Atau dengan menggunakan transfer melalui rekening bank atau menggunakan jasa perbankan lainnya. Sayangnya hanya 1 persen dari pengguna Internet di Indonesia yang secara langsung melakukan transaksi pada website e-commerce atau toko online. Ini disebabkan oleh tingkat kepercayaan pengguna Internet di Indonesia atas layanan perbankan online yang masih rendah. Walaupun begitu, trend baru-baru ini mengatakan bahwa semakin banyak transaksi yang terjadi pada website e-commerce atau toko online. Saat ini mayoritas transaksi pada website e-commerce atau toko online menggunakan transaksi dengan transfer bank. Ini juga hanya terjadi pada website e-commerce atau toko online yang sudah terpercaya dan/atau website e-commerce atau toko online yang mempunyai toko, kantor atau outlet yang juga melakukan transaksi secara offline. Pada website e-commerce dengan multi seller (penjualnya lebih dari satu), biasanya dilakukan pertemuan antara penjual dengan calon konsumen secara offline terlebih dahulu. Setelah itu barulah transaksi tersebut dapat dilakukan. Metode transfer bank pada website seperti ini biasanya terjadi pada penjual-penjual yang sudah dipercaya. Yang paling diperlukan pada website e-commerce adalah kepercayaan. Kepercayaan ini bisa dilihat selain dari desainnya yang tidak “main-main” atau “asal-asalan”, juga dari reputasi dan sistem keamanan yang dimilikinya.
2.4.5 Website Berita Website berita adalah suatu website yang sebagian besar isi atau kontennya adalah berita. Website berita pada dasarnya sama dengan website yang menyediakan informasi. Website berita sebagian besar mempunyai wartawannya sendiri untuk menyuguhkan berita di websitenya. Walaupun ada juga yang hanya mengumpulkan berita dari website-website berita lainnya. Website berita di Indonesia biasanya dimiliki oleh perusahaan media massa (media cetak, radio, maupun televisi). Tetapi, bisa juga dimiliki oleh wartawan atau sekelompok wartawan.
2.5 Perancangan
2.5.1 Perencanaan Proses perencanaan ini adalah proses pemilihan jenis website yang akan dibuat, apakah statis atau dinamis. Hal-hal yang perlu dilakukan mencakup pekerjaan pengumpulan data yang akan ditampilkan pada website yang akan direncanakan. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisa berdasarkan karakteristik data dan kebutuhan (cepat tidaknya perubahan data, tingkat kerumitan tampilan, dan bagaimana data akan ditampilkan).
2.5.2 Membuat Rancangan Yang Benar Pertama-tama anda harus jelas menentukan rancangan yang jelas. Siapa yang anda tuju, bagaimana penampilan halaman, sarana dan teknik apa yang anda gunakan, dan anda juga harus sudah memikirkan efek multimedia apa yang anda gunakan untuk mempercantik halaman web anda. Contohnya anda ingin menambahkan animasi, anda dapat menggunakan Macromedia Flash untuk membuatnya.
2.5.3 Merancang Tampilan Website Jika anda telah mengerti dengan jelas kearah mana web anda tertuju, sekarang anda tinggal membuat tampilan web anda semenarik mungkin agar pengunjung betah dan sesering mungkin mengunjungi web anda. Biasanya ide kreatif muncul jika kita sesering mungkin browsing untuk melihat-lihat dan mengambil ide kreatif dari pesaing. Jangan meniru, buat variasi lainnya yang lebih menarik. Atau anda juga bisa mendownload template web dari internet secara gratis atau ada juga yang berbayar.
2.5.4 Implementasi Penempatan Setelah pembuatan selesai, maka halaman-halaman website tersebut perlu ditempatkan pada server yang terhubung ke internet sehingga dapat dikunjungi para pengguna internet. Selain itu dilakukan juga testing terhadap kelayakan website tersebut.
2.5.5 Maintenance Setelah anda berhasil meluncurkan web yang telah anda desaign sendiri tahap demi tahap. maka sudah waktunya anda meng-update sacar berkala agar para pengunjung tidak bosen dan jenuh dengan isi (content) web anda. Lakukan perbaikan secara berkala agar menyempurnakan web anda, tampung semua saran dan kritik para pengunjung untuk mengkoreksi atau memberikan ide-ide kreatif.
2.6 Manfaat dan Kegunaan Website untuk toko
2.6.1 Usaha anda akan mendapat Kredibilitas Hari ini, konsumen semakin banyak menggunakan internet untuk mencari produk atau layanan yang mereka butuhkan. Usaha kecil Anda akan mendapatkan kredibilitas dengan memiliki website. Tanpa website, pelanggan potensial akan pergi ke pesaing Anda yang memiliki website. Jika Anda sudah memiliki situs web tetapi masih apa adanya, ada baiknya Anda desain ulang dengan tampilan yang lebih profesional, sehingga akan memberikan bisnis Anda kepercayaan yang lebih besar. Untuk bisnis rumahan, ini sangat menguntungkan karena Anda tidak harus memiliki toko offline terlebih dahulu untuk mempromosikan produk atau jasa.
2.6.2 Website bisa menghemat uang Sebagai pemilik usaha kecil, Anda mungkin berpikir Anda tidak mampu membuat sebuah website yang profesional. Meskipun biaya merancang sebuah situs web bervariasi, sebuah situs web untuk usaha kecil umumnya berbiaya di bawah Rp.500.000,- per bulan. Coba bandingkan dengan biaya iklan di surat kabar, ketika Anda mempertimbangkan pasar potensial Anda dapat dicapai dengan website, itu adalah cara yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis Anda.
2.6.3 Update Informasi Terbaru kepada Pelanggan Coba pikirkan website Anda sebagai brosur online atau katalog. Adalah jauh lebih mudah dan lebih cepat untuk memperbarui informasi tentang produk dan layanan di situs Anda daripada dalam bahan cetak, sehingga cara yang efektif untuk membiarkan pelanggan Anda tahu tentang kedatangan produk baru, acara mendatang, promosi khusus, atau layanan baru yang sedang Anda tawarkan. Tidak seperti iklan cetak yang cepat menjadi usang, situs web Anda dapat memberikan informasi terbaru.
2.6.4 Mudah Di jangkau Sebuah website bisa dijangkau oleh Anda dan pelanggan potensial selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365 hari dalam setahun. Mereka bisa dengan nyaman melihat produk dan jasa Anda ketika toko atau kantor offline ditutup. Dengan gaya hidup yang selalu sibuk di masa kini, ini adalah selling point yang besar ketika membuat keputusan pembelian.
2.6.5 Website bisa menarget pasar yang luas Apakah Anda menyediakan produk atau jasa, website Anda akan memberikan tempat alternatif untuk mempromosikannya. Sebagai penjual eceran suatu produk, sebuah situs web eCommerce atau toko online adalah tempat yang bagus untuk menjual produk Anda ke pasar yang lebih luas, bahkan jasa dapat dibuat tersedia secara global. Jangan berpikir Anda tidak dapat menjual produk atau layanan secara online, bahkan mobil dan rumah pun bisa dijual secara online lho!
2.6.6 Memberikan tempat untuk memperlihatkan karya anda Tidak peduli apa pun jenis usaha yang Anda jalani, sebuah situs web adalah tempat yang bagus untuk memperlihatkan karya Anda. Dengan memasukkan portofolio atau galeri foto, serta testimonial tentang pekerjaan Anda, Anda dapat menunjukkan apa yang membuat bisnis anda unik.
2.6.7 Website bisa menghemat waktu Tahukah Anda, memberikan informasi kepada pelanggan pasti membutuhkan waktu, apakah itu lewat telepon, bertatap muka, melalui brosur, ataupun dalam email. Dengan katalog online, Anda dapat memberikan banyak informasi tentang produk dan jasa Anda. Setelah website Anda jadi, maka itu akan tersedia untuk para pelanggan Anda tanpa batas, dan sangat menghemat waktu Anda. Ya, dan waktu adalah uang!
2.6.8 Bisa meningkatkan layanan terhadap pelanggan Mungkin Anda menjual produk ramah lingkungan dan ingin berbagi tips tentang cara mendaur ulang. Atau mungkin Anda seorang akuntan dan ingin memberikan nasihat kepada klien Anda tentang cara untuk menyederhanakan praktik pembukuan mereka. Nah, dengan menambahkan halaman tanya jawab, menambahkan artikel, atau mengunggah newsletter untuk menjawab semua pertanyaan pelanggan Anda, maka Anda dapat membuat para pelanggan selalu up-to-date. Apakah ada cara yang lebih baik untuk memberikan layanan plus-plus dibandingkan dengan berbagi informasi pada website Anda.
3.1 Tempat dan Waktu Penelitian
3.1.1 Tempat Penelitian Penelitian terhadap pembuatan website toko online ini dilakukan di toko XYZ , yaitu di Pasar Senen , Jakarta Pusat.
3.1.2 Waktu Penelitian Penelitian dilaksanakan tanggal 1 Desember – 20 desember 2015.
3.2 Metode Penelitian Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif dan survei. Pendekatan penelitian deskriptif dilakukan dengan mencari penjelasan tentang Toko Online, Sedangkan pendekatan penelitian survei dilakukan dengan mencari informasi dalam bentuk opini dari beberapa orang-orang sekitar Pasar Senen.
3.3 Instrumen Penelitian Pada penelitian ini, instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penggunaan quessioner atau angket. Angket ini berisi pertanyaan pertanyaan yang dijawab oleh beberapa orang-orang selaku subjek penelitian yang telah ditetapkan sebagai sampel penelitian. Angket ini diperlukan untuk memperoleh data berupa respon mereka terhadap pembuatan website toko online dengan menggunakan teknologi internet berbasis website.
3.4 Teknik Penelitian Teknik penelitian yang dilakukan antara lain sebagai berikut: a. Studi Pustaka Dalam teknik penelitian studi pustaka ini, dilakukan pengumpulan data dengan internet. b. Wawancara Dalam teknik penelitian ini, dilakukan pengumpulan data dari hasil wawancara terhadap beberapa orang-orang.
3.5 Analisis Penelitian Dalam penelitian ini, kegiatan analisis data dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data di lapangan. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisa dengan 3 cara, yaitu reduksi data (meringkas data), display data (menginputan dan menampilkan data), serta menarik kesimpulan dan verifikasi data yang digunakan.
http://nesabamedia.com/pengertian-fungsi-dan-manfaat-internet-lengkap/
http://www.burung-net.com/2015/05/pengertian-html-fungsi-html-serta-sejarah-html.html http://jambispirit.com/berita-15.html http://www.metadatastudio.com/jenis-jenis-website http://ilmukomputer.org/2009/04/26/perencanaan_perancangan_web_taufan/
http://webhostmu.com/manfaat-memiliki-website-bagi-bisnis/
1.2 Indentifikasi Masalah Kemajuan teknologi informasi saat ini sangatlah penting, tidak terkecuali perkembangan jaringan internet. Saat ini internet merupakan suatu kebutuhan yang sangat diminati oleh kalangan masyarakat untuk kebutuhanya saling bertukar informasi.
1.3 Batasan Masalah Agar proposal ini tidak menyimpang dan mengambang dari tujuan yang semula direncanakan sehingga mempermudah mendapatkan data dan informasi yang diperlukan, maka penulis menetapkan batasan-batasan sebagai berikut: Perancangan Website Pada Toko dibatasi sampai penjualan secara online. Bahasa pemrogrman yang digunakan adalah Bahasa pemrograman HTML dan CSS.
1.4 Rumusan Masalah
1. Pengenalan HTML dan CSS
2. Pentingnya online untuk penjualan pada era globalisasi
3. Langkah apa yang dilakukan agar aplikasi web dapat diakses oleh user dengan cepat dan mudah.
4. Ide - ide apa yang akan diterapkan sehingga membuat tampilan web banyak diminati user.
5. Bagaimana informasi pada aplikasi web dapat di update dengan mudah pada waktu yang diinginkan
1.5 Tujuan Penelitian Adapun tujuan yang dapat diperoleh dari sebuah perancangan dan pengembangan sebuah website untuk toko adalah sebagai berikut :
• Publikasi keberadaan toko ke seluruh dunia.
• Publikasi profile dan layanan dari toko.
• Meningkatkan pelayanan dan nilai jual toko yang lebih professional, dan brand awareness.
1.6 Manfaat Penelitian Ada banyak manfaat dan keuntungan yang diperoleh dalam membangun website untuk toko, antara lain : • Mempromosikan keberadaan nama toko kepada masyarakat dunia umumnya, serta masyarakat Indonesia khususnya. Kurang lebih 50 juta orang di Indonesia mengakses internet. • Dapat menyediakan informasi yang lengkap tentang profil toko, visi dan misi, fasilitas-fasilitas yang disediakan,informasi mengenai layanan ( service ) yang diberikan, sampai dengan mambangun sebuah komunitas di dunia maya. • Mempermudah untuk dapat mengumpulkan tanggapan kritik dan saran dari masyarakat luas terhadap mutu toko. • Membangun citra toko di mata masyarakat luas, dimana hal tersebut direpresentasikan pada tampilan website. • Mempermudah customer untuk mendapatkan segala informasi mengenai data-data toko atau pun pelayanan yang diberikan.
BAB II
LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS
2.1 Pengertian Internet
Pengertian internet ( interconnection networking) sendiri adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lain sebagainya. Awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui sebuah proyek yang disebut dengan ARPANET. Misi awal dari proyek ini awalnya hanya untuk keperluan militer saja, tetapi lambat laun terus berkembang dan bisa dinikmati oleh semua kalangan. Terciptanya internet telah membawa perubahan yang sangat berarti dalam berbagai aspek kehidupan manusia.Selain itu, internet juga telah melahirkan dunia baru yang memiliki pola, corak sekaligus karakteristik yang berbeda dengan dunia nyata.
2.2 HTML
HTML adalah bahasa markup internet (web) berupa kode dan simbol yang dimasukkan kedalam sebuah file yang ditujukan untuk ditampilkan didalam sebuah website. Singkatnya, HTML adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat website. Website yang dibuat dengan HTML ini, dapat dilihat oleh semua orang yang terkoneksi dengan internet. Tentunya dengan menggunakan aplikasi penjelajah internet (browser) seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox dan Google Chrome. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language. Tapi mengetahui singkatannya saja tidak akan cukup. Karena itu saya akan menyajikan arti dari kata kata tersebut.
• HyperText adalah metode dimana kita "berpindah" disekeliling web, dengan mengeklik sebuah teks yang bernama hyperlink. Hyperlink adalah sebuah teks khusus di internet, dimana saat teks tersebut diklik, akan membawa kita ke halaman web selanjutnya/halaman web lain yang telah ditentukan.
• Markup adalah hal yang dilakukan oleh tag HTML kepada teks yang ada didalamnya. HTML menandai teks yang berada didalamnya sebagai tipe teks tertentu. Misalnya saja jika kita menandai sebuah teks dengan tag html , maka teks tersebut akan berubah menjadi italic (huruf yang miring). Sedangkan jika kita menandainya dengan , maka teks tersebut akan berubah menajadi bold (huruf tebal).
• Language yang berarti bahasa. HTML adalah sebuah bahasa, yang memiliki kata kata berupa kode dan syntax seperti bahasa yang lain.
2.3 CSS CSS (Cascading Style Sheet) adalah salah satu bahasa desain web (style sheet language) yang mengontrol format tampilan sebuah halaman web yang ditulis dengan menggunakan penanda(markup laguage. Biasanya CSS digunakan untuk mendesain sebuah halaman HTML dan XHTML, tetapi sekarang CSS bisa diaplikasikan untuk segala dokumenXML, termasuk SVG dan XUL bahkan ANDROID. CSS dibuat untuk memisahkan konten utamadengan tampilan dokumen yang meliputi layout, warna da font. Pemisahan ini dapat meningkatkann daya akses konten pada web, menyediakan lebih banyak fleksibilitas dan kontrol dalam spesifikasi darisebuah karakteristik dari sebuah tampilan, memungkinkan untuk membagi halaman untuk sebuah formatting dan mengurangi kerumitan dalam penulisan kode dan struktur dari konten, contohnya teknik tableless pada desain web. CSS juga memungkinkan sebuah halaman untuk ditampilkan dalam berbagai style dengan menggunakan metode pembawaan yang berbeda pula, seperti on-screen, in-print, by voice, dan lain-lain. Sementaraitu, pemilik konten web bisa menentukan link yang menghubungkan konten dengan file CSS. Tujuan utama CSS diciptakan untuk membedakan konten dari dokumen dan dari tampilan dokumen, dengan itu, pembuatan ataupun pemrograman ulang web akan lebih mudah dilakukan. Hal yang termasuk dalam desain web diantaranya adalah warna, ukura dan formatting. Dengan adanya CSS, konten dan desain web akan mudah dibedakan, jadi memungkinkan untuk melakukan pengulangan pada tampilan-tampilan tertentu dalam suatu web, sehingga akan memudahkan dalam membuat halaman web yang banyak, yang pada akhirnya dapat memangkas waktu pembuatan web.
2.4 Jenis-Jenis Website
2.4.1 Website Pribadi/Personal Penggunaan dan tujuan suatu website tergantung pada si pemilik website. Untuk website personal atau pribadi, biasanya digunakan untuk berbagi (sharing). Apakah itu berbagi ilmu dan pengetahuan, pengalaman, maupun tips dan trik yang dimiliki. Jenis website pribadi/personal ini biasanya adalah sebuah blog dimana sebagian besar isinya adalah kumpulan artikel miliknya sendiri atau yang ditulis orang lain. Biasanya si pemilik website mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditampilkan di websitenya dan/atau dari donasi/sumbangan dari pengunjung websitenya. Si pemilik website selain menampilkan iklan di websitenya, dia juga mungkin menjual produk/jasanya sendiri dan/atau produk/jasa pihak lain sebagai reseller atau afiliasi.
2.4.2 Website Perusahaan (Company Profile) Untuk website perusahaan, ada beberapa jenis website yang digunakan tergantung pada tujuannya. Ada perusahan yang menggunakan website hanya sebagai company profile saja. Yaitu hanya untuk menyampaikan informasi-informasi tentang perusahaan itu sendiri. Bisa jadi hanya terdiri 4-5 halaman statis yang dipisah menjadi 4-5 menu yaitu “Home,” Produk,” “Profile,” dan “Contact us,” bisa juga ditambah dengan menu “Service”. Website jenis company profile ini tergantung pada seberapa banyak informasi yang ingin ditampilkan pada websitenya. Dan tergantung kepada perusahaan itu sendiri apakah perusahaan besar, perusahaan menengah, atau perusahaan kecil. Juga tergantung kepada jumlah produk/jasa yang dimiliki dan juga seberapa banyak informasi yang ingin ditampilkan untuk masing-masing produk/jasa yang dimiliki.
2.4.3 Website Organisasi Jenis website organisasi ini memang mirip dengan website company profile. Tetapi, tentu saja tergantung dari organisasi itu sendiri dan tujuan didirikan websitenya. Dan tergantung pada seberapa banyak informasi yang ingin disampaikan. Apakah website tersebut hanya sebagai penyampaian informasi dan penjelasan tentang organisasi tersebut, dan/atau sebagai penggalangan dana, massa, dan petisi.
2.4.4 Website E-Commerce atau Toko Online Website e-commerce atau toko online adalah suatu website yang bertujuan untuk menjual satu atau lebih barang dan/atau jasa dengan menggunakan media elektronik sebagai media penyampaian informasi dan/atau media transaksi barang/jasa tersebut. Transaksi pada website e-commerce atau toko online dapat dilakukan dengan cara langsung pada website tersebut dengan menggunakan kartu kredit atau layanan perbankan online. Atau dengan menggunakan transfer melalui rekening bank atau menggunakan jasa perbankan lainnya. Sayangnya hanya 1 persen dari pengguna Internet di Indonesia yang secara langsung melakukan transaksi pada website e-commerce atau toko online. Ini disebabkan oleh tingkat kepercayaan pengguna Internet di Indonesia atas layanan perbankan online yang masih rendah. Walaupun begitu, trend baru-baru ini mengatakan bahwa semakin banyak transaksi yang terjadi pada website e-commerce atau toko online. Saat ini mayoritas transaksi pada website e-commerce atau toko online menggunakan transaksi dengan transfer bank. Ini juga hanya terjadi pada website e-commerce atau toko online yang sudah terpercaya dan/atau website e-commerce atau toko online yang mempunyai toko, kantor atau outlet yang juga melakukan transaksi secara offline. Pada website e-commerce dengan multi seller (penjualnya lebih dari satu), biasanya dilakukan pertemuan antara penjual dengan calon konsumen secara offline terlebih dahulu. Setelah itu barulah transaksi tersebut dapat dilakukan. Metode transfer bank pada website seperti ini biasanya terjadi pada penjual-penjual yang sudah dipercaya. Yang paling diperlukan pada website e-commerce adalah kepercayaan. Kepercayaan ini bisa dilihat selain dari desainnya yang tidak “main-main” atau “asal-asalan”, juga dari reputasi dan sistem keamanan yang dimilikinya.
2.4.5 Website Berita Website berita adalah suatu website yang sebagian besar isi atau kontennya adalah berita. Website berita pada dasarnya sama dengan website yang menyediakan informasi. Website berita sebagian besar mempunyai wartawannya sendiri untuk menyuguhkan berita di websitenya. Walaupun ada juga yang hanya mengumpulkan berita dari website-website berita lainnya. Website berita di Indonesia biasanya dimiliki oleh perusahaan media massa (media cetak, radio, maupun televisi). Tetapi, bisa juga dimiliki oleh wartawan atau sekelompok wartawan.
2.5 Perancangan
2.5.1 Perencanaan Proses perencanaan ini adalah proses pemilihan jenis website yang akan dibuat, apakah statis atau dinamis. Hal-hal yang perlu dilakukan mencakup pekerjaan pengumpulan data yang akan ditampilkan pada website yang akan direncanakan. Data-data yang diperoleh kemudian dianalisa berdasarkan karakteristik data dan kebutuhan (cepat tidaknya perubahan data, tingkat kerumitan tampilan, dan bagaimana data akan ditampilkan).
2.5.2 Membuat Rancangan Yang Benar Pertama-tama anda harus jelas menentukan rancangan yang jelas. Siapa yang anda tuju, bagaimana penampilan halaman, sarana dan teknik apa yang anda gunakan, dan anda juga harus sudah memikirkan efek multimedia apa yang anda gunakan untuk mempercantik halaman web anda. Contohnya anda ingin menambahkan animasi, anda dapat menggunakan Macromedia Flash untuk membuatnya.
2.5.3 Merancang Tampilan Website Jika anda telah mengerti dengan jelas kearah mana web anda tertuju, sekarang anda tinggal membuat tampilan web anda semenarik mungkin agar pengunjung betah dan sesering mungkin mengunjungi web anda. Biasanya ide kreatif muncul jika kita sesering mungkin browsing untuk melihat-lihat dan mengambil ide kreatif dari pesaing. Jangan meniru, buat variasi lainnya yang lebih menarik. Atau anda juga bisa mendownload template web dari internet secara gratis atau ada juga yang berbayar.
2.5.4 Implementasi Penempatan Setelah pembuatan selesai, maka halaman-halaman website tersebut perlu ditempatkan pada server yang terhubung ke internet sehingga dapat dikunjungi para pengguna internet. Selain itu dilakukan juga testing terhadap kelayakan website tersebut.
2.5.5 Maintenance Setelah anda berhasil meluncurkan web yang telah anda desaign sendiri tahap demi tahap. maka sudah waktunya anda meng-update sacar berkala agar para pengunjung tidak bosen dan jenuh dengan isi (content) web anda. Lakukan perbaikan secara berkala agar menyempurnakan web anda, tampung semua saran dan kritik para pengunjung untuk mengkoreksi atau memberikan ide-ide kreatif.
2.6 Manfaat dan Kegunaan Website untuk toko
2.6.1 Usaha anda akan mendapat Kredibilitas Hari ini, konsumen semakin banyak menggunakan internet untuk mencari produk atau layanan yang mereka butuhkan. Usaha kecil Anda akan mendapatkan kredibilitas dengan memiliki website. Tanpa website, pelanggan potensial akan pergi ke pesaing Anda yang memiliki website. Jika Anda sudah memiliki situs web tetapi masih apa adanya, ada baiknya Anda desain ulang dengan tampilan yang lebih profesional, sehingga akan memberikan bisnis Anda kepercayaan yang lebih besar. Untuk bisnis rumahan, ini sangat menguntungkan karena Anda tidak harus memiliki toko offline terlebih dahulu untuk mempromosikan produk atau jasa.
2.6.2 Website bisa menghemat uang Sebagai pemilik usaha kecil, Anda mungkin berpikir Anda tidak mampu membuat sebuah website yang profesional. Meskipun biaya merancang sebuah situs web bervariasi, sebuah situs web untuk usaha kecil umumnya berbiaya di bawah Rp.500.000,- per bulan. Coba bandingkan dengan biaya iklan di surat kabar, ketika Anda mempertimbangkan pasar potensial Anda dapat dicapai dengan website, itu adalah cara yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis Anda.
2.6.3 Update Informasi Terbaru kepada Pelanggan Coba pikirkan website Anda sebagai brosur online atau katalog. Adalah jauh lebih mudah dan lebih cepat untuk memperbarui informasi tentang produk dan layanan di situs Anda daripada dalam bahan cetak, sehingga cara yang efektif untuk membiarkan pelanggan Anda tahu tentang kedatangan produk baru, acara mendatang, promosi khusus, atau layanan baru yang sedang Anda tawarkan. Tidak seperti iklan cetak yang cepat menjadi usang, situs web Anda dapat memberikan informasi terbaru.
2.6.4 Mudah Di jangkau Sebuah website bisa dijangkau oleh Anda dan pelanggan potensial selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dan 365 hari dalam setahun. Mereka bisa dengan nyaman melihat produk dan jasa Anda ketika toko atau kantor offline ditutup. Dengan gaya hidup yang selalu sibuk di masa kini, ini adalah selling point yang besar ketika membuat keputusan pembelian.
2.6.5 Website bisa menarget pasar yang luas Apakah Anda menyediakan produk atau jasa, website Anda akan memberikan tempat alternatif untuk mempromosikannya. Sebagai penjual eceran suatu produk, sebuah situs web eCommerce atau toko online adalah tempat yang bagus untuk menjual produk Anda ke pasar yang lebih luas, bahkan jasa dapat dibuat tersedia secara global. Jangan berpikir Anda tidak dapat menjual produk atau layanan secara online, bahkan mobil dan rumah pun bisa dijual secara online lho!
2.6.6 Memberikan tempat untuk memperlihatkan karya anda Tidak peduli apa pun jenis usaha yang Anda jalani, sebuah situs web adalah tempat yang bagus untuk memperlihatkan karya Anda. Dengan memasukkan portofolio atau galeri foto, serta testimonial tentang pekerjaan Anda, Anda dapat menunjukkan apa yang membuat bisnis anda unik.
2.6.7 Website bisa menghemat waktu Tahukah Anda, memberikan informasi kepada pelanggan pasti membutuhkan waktu, apakah itu lewat telepon, bertatap muka, melalui brosur, ataupun dalam email. Dengan katalog online, Anda dapat memberikan banyak informasi tentang produk dan jasa Anda. Setelah website Anda jadi, maka itu akan tersedia untuk para pelanggan Anda tanpa batas, dan sangat menghemat waktu Anda. Ya, dan waktu adalah uang!
2.6.8 Bisa meningkatkan layanan terhadap pelanggan Mungkin Anda menjual produk ramah lingkungan dan ingin berbagi tips tentang cara mendaur ulang. Atau mungkin Anda seorang akuntan dan ingin memberikan nasihat kepada klien Anda tentang cara untuk menyederhanakan praktik pembukuan mereka. Nah, dengan menambahkan halaman tanya jawab, menambahkan artikel, atau mengunggah newsletter untuk menjawab semua pertanyaan pelanggan Anda, maka Anda dapat membuat para pelanggan selalu up-to-date. Apakah ada cara yang lebih baik untuk memberikan layanan plus-plus dibandingkan dengan berbagi informasi pada website Anda.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1 Tempat dan Waktu Penelitian
3.1.1 Tempat Penelitian Penelitian terhadap pembuatan website toko online ini dilakukan di toko XYZ , yaitu di Pasar Senen , Jakarta Pusat.
3.1.2 Waktu Penelitian Penelitian dilaksanakan tanggal 1 Desember – 20 desember 2015.
3.2 Metode Penelitian Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif dan survei. Pendekatan penelitian deskriptif dilakukan dengan mencari penjelasan tentang Toko Online, Sedangkan pendekatan penelitian survei dilakukan dengan mencari informasi dalam bentuk opini dari beberapa orang-orang sekitar Pasar Senen.
3.3 Instrumen Penelitian Pada penelitian ini, instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penggunaan quessioner atau angket. Angket ini berisi pertanyaan pertanyaan yang dijawab oleh beberapa orang-orang selaku subjek penelitian yang telah ditetapkan sebagai sampel penelitian. Angket ini diperlukan untuk memperoleh data berupa respon mereka terhadap pembuatan website toko online dengan menggunakan teknologi internet berbasis website.
3.4 Teknik Penelitian Teknik penelitian yang dilakukan antara lain sebagai berikut: a. Studi Pustaka Dalam teknik penelitian studi pustaka ini, dilakukan pengumpulan data dengan internet. b. Wawancara Dalam teknik penelitian ini, dilakukan pengumpulan data dari hasil wawancara terhadap beberapa orang-orang.
3.5 Analisis Penelitian Dalam penelitian ini, kegiatan analisis data dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data di lapangan. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisa dengan 3 cara, yaitu reduksi data (meringkas data), display data (menginputan dan menampilkan data), serta menarik kesimpulan dan verifikasi data yang digunakan.
Daftar Pustaka
http://nesabamedia.com/pengertian-fungsi-dan-manfaat-internet-lengkap/
http://www.burung-net.com/2015/05/pengertian-html-fungsi-html-serta-sejarah-html.html http://jambispirit.com/berita-15.html http://www.metadatastudio.com/jenis-jenis-website http://ilmukomputer.org/2009/04/26/perencanaan_perancangan_web_taufan/
http://webhostmu.com/manfaat-memiliki-website-bagi-bisnis/
0 komentar: